Minggu, 20 Januari 2013

LAPORAN KEUANGAN TAHUN 2012

Alhamdulillah, Laporan Keuangan Yayasan Binar untuk tahun 2012 telah rampung (terlampir).
Penjelasan atas laporan keuangan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Laporan Keuangan tersebut (terlampir).

Sebagai ringkasan, kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh Yayasan Binar selama tahun 2012 antara lain:

  1. Mendirikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Binar. Tujuan utama adalah untuk menggali dan memfasilitasi minat baca masyarakat. Saat ini TBM Binar telah memiliki lebih dari 2.500 buku dan ratusan majalah. 
  2. TBM telah mengadakan lomba menceritakan kembali yang diikuti oleh anak-anak usia 6-13 tahun. Kegiatan ini merupakan salah satu cara yang ditempuh untuk mengajak anak-anak membiasakan diri membaca sejak dini.
  3. Mendirikan koperasi di lingkungan Rarahan. Tujuan pendirian koperasi ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat sekitar sekaligus mempromosikan program-program Yayasan Binar.
  4. Mengadakan Festival Seni Anak Jalanan dan Putus Sekolah pada bulan Juli 2012. Tujuannya adalah untuk merangkul anak-anak jalanan dan putus sekolah agar bersedia menjadi binaan Yayasan untuk diarahkan kembali ke bangku sekolah. 
  5. Bersama-sama Kelompok Pemuda Bunga Matahari (sekumpulan pemuda / relawan Cipanas) membuka Rumah Singgah bagi para pengamen cilik (anak jalanan) dan para tunawisma. 
  6. Memfasilitasi pengobatan gratis bagi anak-anak binaan yang diadakan oleh Yayasan Pijar Insani.
  7. Melakukan serangkaian sosialisasi ke sekolah-sekolah mengenai TBM.
  8. Melakukan serangkaian sosialisasi ke pemerintah daerah terkait untuk mendapatkan dukungan.
  9. Menjalin kerjasama dengan LSM / NGO lain seperti Learning Farm Karang Widya, Yayasan Pijar Insani dan para simpatisan
  10. Memberikan bimbingan belajar bagi para siswa SD yang membutuhkan
  11. Memberikan pembinaan dan pembekalan bertahap kepada para anak jalanan binaan serta anak-anak binaan non-anjal yang sering berkumpul dirumah singgah
  12. Memberikan pendidikan Bahasa Inggris untuk kelas 9 di salah satu SMP di Cibodas
  13. Memberikan pemahaman tentang pentignnya pendidikan bagi masa depan serta memberikan motivasi kepada lebih dari 250 siswa SMP agar melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.



























Tidak ada komentar:

Posting Komentar